Kenapa Harus Mengundurkan Diri dari Pekerjaanmu Saat Ini?

Mengundurkan diri dari pekerjaan saat ini adalah suatu tindakan yang bisa di lakukan oleh siapa saja. Dengan menggunakan alasan yang tepat dan bijak diharapkan proses mengundurkan diri menjadi solusi terbaik. Serta dengan melakukan proses pengunduran diri yang benar, diharapkan kamu dan pihak perusahaan bisa menghasilkan keputusan yang  menguntungkan dan menjadi solusi satu sama lain.

Sementara itu berbicara tentang alasan kenapa seseorang mengundurkan diri tentu banyak sekali faktornya. Berikut setidaknya beberapa alasan yang seringkali digunakan oleh karyawan dalam mengundurkan diri.

1. Kesehatan

Faktor kesehatan seringkali menjadi pertimbangan utama dalam proses mengundurkan diri. Kesehatan memang modal bagi segala aktifitas, karena itu tidak salah juga jika mengatakan kesehatan adalah investasi utama yang harus dilakukan didalam kehidupan. Makanya pertimbangan kesehatan menjadi penting demi menjaga produktifitas hidup menjadi lebih baik dalam berkarya.

Ada dua hal yang menjadi pertimbangan dalam menggunakan kesehatan sebagai alasan. Pertama, kamu sakit dan tidak mampu melakukan pekerjaan dengan baik. Nah jika kamu memang dalam keadaan sakit, maka perusahaan akan memberikan uang tunjangan untuk membiayai biaya pengobatan. Namun hal itu dilakukan setelah sebelumnya kondisi sakitnya tersebut berdasarkan diagnosa dokter perusahaan.

Kedua, kamu melihat jika tempat kerja kamu sangat tidak sehat dan mengancam kesehatan. Ini sebagai bagian dari proses pencegahan datangnya penyakit yang lebih parah. Akan tetapi sebelumnya kamu bisa memberikan saran kepada atasan tentang pembenahan lingkungan kerja agar lebih sehat. Langkah terakhir jika masih belum ada perubahan, maka pengunduran diri menjadi solusi untuk mencegaj datangnya penyakit.

2. Pindah Kerja

Seringkali kita menerima kesempatan yang lebih baik. Setelah dipertimbangkan dengan sematang mungkin ternyata perusahaan baru yang menawarkan pekerjaan tersebut lebih menjanjikan dan bisa menjamin masa depan lebih kuat. Akhirnya kamu memutuskan untuk mengundurkan diri dari tempat kamu bekerja saat ini.

Itulash ilustrasi sederhana untuk menggambarkan alasan ini. Pindah bekerja memang alasan yang lazim terdengar di dunia kerja. Dengan memperhatikan banyak faktor dan alasan pendukung yang menguatkannya. Oleh karena itu, kamu jangan merasa bersalah jika mengundurkan kerja didorong oleh alasan ini.

Kamu bisa membaca artikel bagaimana agar hubungan kamu dengan mantan atasan tetap terjaga baik.

3. Menjadi Pengusaha

Hampir sama dengan alasan sebelumnya, pun hal ini mendorong karyawan untuk mendapat keuntungan lebih besar dan tantangan baru. Wirausaha memang menjadi dunia yang menjanjikan, dengan keuntungan yang bisa kita atur sendiri dan gengsi yang di dapatkan dengan gelar pengusaha. Rasanya siapapun memiliki keinginan dengan dunia yang satu ini.

Setelah melewati pertimbangan dan persiapan yang sangat matang, katakanlah seperti ada modal, relasi dan kesempatan, kamu mantap mengajukan pengunduran diri. Tapi yang perlu kamu ketahui adalah kesiapan ilmu dan mental yang cukup  dalam menghadapi tantangan baru ini. Jangan sampai selepas menjadi wirausaha, kamu kembali kelimpungan karena tidak siap menghadapi persaingan ketat di dunia bisnis.

Kamu bisa membaca pertimbangan apa saja sebelum mengundurkan diri dari tempat kerja.

Akan tetapi jika kamu sejak masih berstatus sebagai karyawan sudah memiliki keinginan dan minat menjadi seorang pengusaha, maka sebaiknya kamu segera mengundurkan diri dari tempat kamu bekerja saat ini. Sebab jika kamu membuka bisnis sampingan sedangkan kamu bekerja, maka produktifitas dan konsentrasi kamu akan menurun yang akhirnya akan merugikan banyak pihak, baik itu perusahaan tempat kamu bekerja dan bisnis yang kamu miliki saat ini. Oleh karena itu sangat disarankan untuk fokus pada satu bidang.

4. Keluarga

Manusia normalnya pasti memiliki keluarga, baik itu yang tinggal satu rumah ataupun tidak (karena kamu masih single dan tinggal di kost sendirian). Apapun yang di katakan keluarga pasti akan menjadi bahan pertimbangan sebelum kita memutuskan sesuatu. Termasuk didalam dunia kerja.

Khususnya bagi umat muslim yang menempatkan orang tua sebagai orang sangat harus di hormati. Karenanya apapun pendapat mereka harus kita dengarkan, jika berbeda pandangan kamu bisa memberikan penjelasan sebaik mungkin untuk meyakinkan mereka. Yang pasti hindari sebisa mungkin pertentangan dengan mereka disebabkan profesi kamu saat ini.

Terlebih bagi seorang perempuan yang bekerja, maka keluarga sering kali menjadi pertimbangan yang paling penting untuk memutuskan melanjutkan pekerjaan atau tidak. Permintaan suami untuk berhenti bekerja dan kebutuhan anak-anak akan kehadiran seorang ibu sudah menjadi alasan yang cukup untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya saat ini.

5. Lingkungan Kerja Tidak Kondusif

Ketika kondisi hubungan kamu dengan atasan memburuk, hubungan kamu dengan karyawan lainnya pun tidak baik, terjadi persaingan tidak sehat yang cenderung merusak atau hak-hak kamu sebagai karyawan tidak dihormati, maka bisa jadi hal tersebut menjadi alasan mengundurkan diri dari pekerjaan.

Situasi seperti ini seringkali terjadi di tempat kita bekerja. Sebelum bertindak lebih jauh kamu bisa melakukan instropeksi terlebih dahulu dan berusaha menyelesaikan setiap masalah yang terjadi. Nah jika semua hal sudah kamu lakukan dan masih tetap saja kondisi lingkungan seperti itu, maka ada baiknya kamu segera mengundurkan diri.

Kamu bisa membaca indikator tempat kerja yang nyaman dan kondusif.

Itulah setidaknya 5 hal yang menjadi alasan bagi kamu untuk segera mengundurkan diri. Sekali lagi, apa pun keputusan yang kamu ambil pertimbangkan dengan baik dan sampaikan pada Allah SWT agar mendapat petunjuk dan jalan yang terbaik.

Reply

Pop Ups By WPKoding.com