Wawancara Kerja, Beberapa Tips sebelum dan Saat Menghadapinya

Wawancara kerja bagi lulusan baru terkadang menjadi momok yang agak menakutkan. Terlebih karena tidak terbayang seperti apa dan harus bagaimana. Akan tetapi, sebenarnya tidak ada hal yang harus di khawatirkan, karena toh wawancara kerja hanya proses tanya jawab tanpa harus takut benar atau salah.

Wawancara kerja adalah proses yang lazim di lalui oleh setiap pelamar pekerjaan. Oleh sebab itu, hasil dari wawancara kerja besar pengaruhnya terhadap keputusan diterima bekerja atau tidak. Nah untuk membuka kesempatan diterima sebesar mungkin, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal penting terlebih dahulu.

Berikut beberapa tips persiapan dan saat melakukan wawancara kerja.

Jaga Kesehatan dan Konsentrasi

Yang pertama adalah jaga kesehatan, kenapa ini penting ? sebab biasanya proses diantara diterimannya surat lamaran sampai proses pemanggilan wawancara kerja memakan waktu relatif lama. Bahkan ada yang sampai berbulan-bulan. Nah pastikan dalam rentang waktu yang cukup lama tersebut agar tetap menjaga kesehatan. Jangan sampai saat datang pemberitahuan dan waktu yang telah ditentukan, kesempatan tersebut sirna akibat kondisi badan yang kurang sehat.

Persiapkan Penampilan Terbaik

Persiapkan segalanya mulai dari penampilan fisik, hingga penampilan akhlak atau attitude yang terbaik. Penggunaan akhlak yang baik, mulai dari rendah hati, cara berbicara, murah senyum, dan tata kesopanan lainnya. Akhlak yang baik akan menarik rasa simpati dan rasa hormat dari pewawancara. Terlebih jika kita telah menampilkan CV dengan menarik, tentu ingin menampilkan diri dengan menarik juga bukan?

Bila kamu adalah lulusan baru, mungkin ada sebagian dari kita yang dulu ketika masa sekolah atau kuliah sering tampil urakan, berpakaian tidak rapi, dan gaul. Nah di dunia kerja, hal tersebut mesti dihindari. Selebihnya coba pelajari tips agar cepat mendapat pekerjaan bagi fresh graduate.

Persiapkan Informasi Secukupnya

Ya, meskipun wawancara kerja hanya berbicara seputar kesiapan kita untuk bekerja, ada baiknya kita pun mempersiapkan beberapa informasi kecil terutama tentang profil perusahaan. Seringkali pewawancara akan menanyakan tentang sejauh mana pengetahuan kita tentang perusahaan tersebut. Untuk mengantisipasinya kita harus mempersiapkan jawabannya sedini mungkin.

Tapi, ingat jangan terlalu berlebihan juga, karena apa yang akan kita sampaikan cukup sebatas pengetahuan dasar saja. Berlebihan dalam menjawab atau menyampaikan yang kita tahu pun akan dinilai negatif oleh pewawancara.

Persiapkan Strategi Terbaik

Jika kamu sudah menerima keputusan, kapan dan lokasi wawancara di laksanakan, susunlah strategi terbaik agar tiba dilokasi wawancara tepat pada waktunya. Perthitungkan jarak, waktu tempuh dan bila perlu ongkos yang harus kamu keluarkan untuk datang ke lokasi wawancara. Yang pasti, kamu harus benar-benar datang tepat waktu, untuk menunjukan keseriusan dan dedikasi kamu terhadap pekerjaan tersebut.

Berdoa

Persiapan terakhir dan yang paling penting, lagi-lagi utamakanlah berdo’a, perbanyak amalan sunnah seperti Shalat Dhuha dan Tahajud serta amalan lainnya. Gantungkan semua harapan dan ikhtiar hanya kepada Allah SWT.

Selanjutnya kita sampai pada waktu yang ditentukan. Persiapan sudah selesai dan kita telah tiba di lokasi tepat pada waktunya. Kini kita beralih ke beberapa tips pada saat wawancara.

Ciptakan Kesan Pertama Yang Terbaik

Penilaian akan diri kita telah dimulai, bahkan pada saat pertama kali bertatap muka. Nah, ciptakanlah kesan terbaik pada momem-momen tersebut. Jangan canggung, dan jangan kaku, rileks namun tetap penuh percaya diri. Ciptakan kesan jika kamu adalah orang yang tepat untuk mengisi lowongan tersebut.

Jawab Setiap Pertanyaan Dengan Tegas dan Baik

Mulai dari menjawab sapaan dan setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh pewawancara, jawab dengan baik dan ramah. Tampilkan rasa percaya diri dengan mengeluarkan suara yang jelas dan sedikit senyuman.

Jawab setiap pertanyaan yang ditanyakan dengan jelas dan tegas, perlihatkan kesan cerdas dalam menjawab setiap pertanyaan. Jika bisa buka komunikasi dua arah dengan bertanya balik, terutama pada pertanyaan-pertanyaan terentu seperti pada saat dipersilahkan bertanya jika ada pertanyaan. Dengan demikian, kamu akan terlihat tertarik dan benar-benar fokus pada sepanjang sesi wawancara tersebut.

Perhatikan Gerak Tubuh

Jangan salah sangka, pewawancara tidak hanya menilai kamu dari proses tanya jawab saja. Akan tetapi, juga seluruh penampilan, dan sikap ketika wawancara berlangsung. Jika diurutkan, gerakan tubuh dan sikap kita akan dimulai dari,

berjabat tangan, usahakan untuk menggenggam tangan secara penuh, dan berikan sedikit kesan antusiasme didalamnya.

Cara duduk, kita hanya boleh duduk setelah dipersilahkan oleh pewawancara. Jika telah dipersilahkan, duduk serileks mungkin dengan tegap dan tidak menyandar ke sandaran kursi. Tatap pewawancara selama proses wawancara berlangsung, hal ini akan mengesankan jika kita benar-benar memperhatikan dan tertarik dengan sesi wawancara ini.

Tampilkan kesan percaya diri, hindari gerak tubuh yang tidak perlu atau yang menunjukan kegelisahan, seperti memainkan jari atau menggenggam tangan erat.

Pertahankan Kesan Terbaik sampai Akhir Sesi Wawancara

Jika kamu telah berhasil menguasai diri, tidak panik, percaya diri dan tampil mengesankan dalam proses wawancara, pertahankan hal tersebut sampai kamu berpisah dan meninggalkan ruangan.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada saat persiapan dan pada saat wawancara tengah berlangsung.  Kamu bisa juga pelajari berbagai pertanyaan yang sering keluar saat wawancara kerja. Semoga sukses.

 

Reply