Inilah Ciri-ciri Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Baik

Surat lamaran kerja dalam istilah bahasa Inggrisnya disebut cover letter, atau dalam bahasa harfiyahnya adalah surat pembuka. Hal tersebut di karenakan surat lamaran kerja bisa di katakan sebagai surat pengantar yang membawakan berbagai dokumen sebagai bahan pertimbangan dalam proses melamar kerja. Karena itu meski hanya sekedar surat pengantar atau pembuka, akan tetapi surat lamaran kerja yang benar akan menentukan penilaian pada langkah selanjutnya.

Menulis surat lamaran kerja dibutuhkan kreatifitas untuk menghasilkan kualitas dan daya tarik. Setidaknya ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik.

1. Ringkas dan Padat

Surat lamaran kerja yang baik adalah yang bisa menyampaikan berbagai kelebihan serta kemampuan kita namun dengan bahasa yang tidak bertele-tele. Karena itu dibutuhkan kemampuan untuk menulis yang baik dan tetap dimengerti oleh lawan baca kita.

Penulisan dengan struktur yang benar akan membantu kamu dalam menempatkan bagian-bagian dari isi surat. Dimana kamu akan menuliskan sumber infrormasi, data diri dan berbagai kemampuan relevan yang kamu miliki. Selain itu, pertimbangkan untuk penggunaan format yang tepat seperti jarak antar spasi dan penggunaan kalimat yang efektif.

2. Usahakan Menjawab Berbagai Pertanyaan

Satu tips yang bisa kamu coba adalah dengan menyusun surat lamaran kerja berdasarkan pertanyaan-pertanyaan. Konsepnya adalah dengan menyusun pertanyaan 5W dan 1H (what,where,when,who,why, dan how). Susun sebuah kerangka konsep dengan berbagai pertanyaan tersebut, kemudian coba jawab dengan struktur surat lamaran kerja yang benar.

Surat lamaran kerja yang baik idealnya akan mampu menjawab semua pertanyaan itu. Mulai dari kenapa kita melamar, perusahaan apa yang kita lamar, apa yang mampu kita berikan dan lain sebagainya. Diharapkan dengan surat lamaran seperti ini, perusahaan akan menilai jika kualitas kita memang benar-benar di butuhkan oleh perusahaan.

3. Perhatikan Daya Tarik

Ingatlah jika lowongan kerja yang kamu kejar tersebut diperebutkan oleh banyak atau bahkan ribuan pelamar, maka dari itu kamu harus mempertimbangkan daya tarik dari surat lamaran kerja yang kamu kirimkan. Tim HRD atau bagian dari perusahaan yang bertugas merekrut karyawan baru akan menerima banyak lamaran kerja dalam satu waktu, jika surat lamaran kerja kamu memiliki kualitas yang tidak lebih baik dari yang lainnya jangan harap surat lamaran kerja kamu akan diterima.

Gunakan kreatifitas kamu dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Setidaknya dengan menggunakan struktur surat yang benar dan tepat pun sudah menjadi daya tarik tersendiri. Selebihnya kamu bisa mengkombinasikannya dengan berbagai inovasi, seperti kualitas kertas atau kualitas cetak yang terbaik.

4. Kenali Karakter Perusahaan

Kenali bidang dan karakter yang kamu lamar dan tuangkan hal tersebut pada lamaran kerja. Contoh, saat kamu melamar perusahaan yang bergerak di bidang desain grafis, maka kamu bisa membuat lamaran kerja yang menarik dan penuh warna. Atau saat kamu melamar di perusahaan akuntansi, maka ada baiknya kamu mengirimkan surat lamaran yang terstruktur rapi.

Dengan mengirimkan surat lamaran kerja yang sesuai dengan karakter perusahaan, kamu akan dinilai sebagai orang yang kreatif dan tepat dalam mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Efek buruknya jika kamu keliru dalam memahami karakter perusahaan, kamu akan dinilai sebagai orang yang berlebihan dan ambisius. Ya setiap keputusan memang ada resikonya bukan?

5. Sampaikan dengan Kejujuran

Surat lamaran kerja yang baik adalah yang mampu mendeskripsikan berbagai kemampuan diri. Nah kamu harus berhati-hati dalam menuliskan hal ini, jangan sampai karena ingin terlihat berkualitas lantas memuat data-data yang tidak benar. Jujur adalah poin utama dalam menulis surat lamaran kerja, meski kapasitas kamu pas-pasan namun dengan jujur setidaknya kamu memperlihatkan rasa hormat pada dirimu sendiri.

Meski kesempatan bekerja menjadi lebih kecil karena kemampuan kamu pas-pasan, namun semestinya hal tersebut menjadi motivasi untuk terus memperbaiki diri. Kamu bisa berbenah dan mengasah berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk berbagai kesempatan bekerja di masa mendatang.

6. Manfaatkan Jasa Pengiriman

Saat ini banyak jasa pengiriman yang berkualitas selain Pos. Kamu bisa menggunakan JNE, Tiki, atau yang sedikit berkelas FedEx, yang pasti hal tersebut untuk memastikan jika surat lamaran kerja kamu sampai. Perhatikan juga kelas yang kamu pilih, jangan pernah menggunakan yang biasa atau reguler. Pilihlah kelas kilat sehingga surat yang kamu kirimkan tiba dengan tepat waktu.

Hal ini memang memakan biaya lebih banyak lagi, akan tetapi sebanding dengan jaminan bahwa surat kita sampai pada tujuan. Dengan demikian, kesempatan kita untuk bekerja di perusahaan tersebut semakin terbuka lebar.

7. Perhatikan Kembali Susunan Surat

Hal terakhir, cek kembali susunan surat yang telah kamu buat. Pisahkan dengan jelas bagian-bagian isi surat sesuai dengan maksud penyampaiannya.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menyusun surat lamaran kerja yang baik dan menghindari kesalahan yang tidak diperlukan. Diharapkan semoga dengan kualitas surat lamaran kerja yang baik kamu bisa memperoleh peluang karir yang lebih baik lagi.

Reply