Soft Skill yang Harus Dimiliki untuk Pelamar Pekerjaan

Dalam persaingan mendapat pekerjaan yang diinginkan, pastinya kita dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan. Biasanya kita selalu fokus pada berbagai kemampuan yang bersifat teknis, akan tetapi ada kemampuan yang sering kita lupakan yang juga terbilang sangat penting, yaitu soft skill.

Soft skill vs Hard skill

Sekilas dari paragraf diatas kita telah mengetahui jika dunia kerja membutuhkan soft skill. Ada soft skill maka ada pula istilah hard skill, bagian ini kita akan memahami apa yang dimaksud dengan kedua istilah tersebut. Yang pasti keduanya adalah hal yang sama-sama penting dan dibutuhkan untuk menjamin kesuksesan kita, baik itu untuk pebisnis ataupun karyawan.

Hard skill adalah berbagai macam kemampuan yang bersifat teknis dalam pekerjaan. Misal, untuk pekerjaan di bidang marketing maka hard skill yang dituntut adalah teknik selling dan presentasi, sementara untuk bagian akuntan dituntut untuk memiliki skill cara menghitung biaya dan lain sebagainya. Sementara soft skill lebih ke pengembangan sikap dan karakter diri. Misalnya, berbagai kemampuan seperti leadership, networking, dan personal development.

Jika membandingkan antara kedua jenis kemampuan ini, maka kita akan sepakat jika menyebut keduanya sangat penting dalam dunia kerja. Karena itu disamping penulisan CV yang menarik, alangkah baiknya jika kita mampu menyampaikan dua jenis kemampuan ini dengan baik.

Soft skill sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu interpersonal skill dan intrapersonal skill. Interpersonal skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungna dengan orang lain. Contoh interpersonal skill adalah keterampilan memotivasi, memimpin, presentasi, dan komunikasi.

Sedangkan intrapersonal skill adalah keterampilan dalam mengatur diri sendiri. Contoh intrapersonal skill adalah kemampuan untuk mengatur waktu, mengendalikan emosi, menerima perubahan dan kreatif.

Soft skill yang Dibutuhkan oleh HRD

Ketika melakukan sesi wawancara kerja, tim HRD tentunya akan melihat berbagai skill yang dimiliki oleh pelamar dan dibutuhkan oleh perusahaan. Baik itu hard skill ataupun soft skill, tim HRD mestinya harus mampu menilai kedua hal tersebut dengan baik. Khususnya soft skill sering tidak diperhatikan dan menjadi kesalahan yang umum bagi fresh graduate.

Ada beberapa soft skill yang seringkali menjadi penilaian utama oleh HRD dalam proses memilih karyawan baru. Berikut beberapa soft skill tersebut,

1. Mampu Bekerja Sama

Sebuah perusahaan adalah sebuah tim yang saling membantu meski secara tidak langsung. Bagian terkecil dari perusahaan seperti office boy sampai yang tertinggi seperti direktur semuanya saling melengkapi untuk membangun sebuah perusahaan yang menguntungkan. Nah begitupun pada saat kamu akan melamar pekerjaan, maka konstribusi apa yang bisa kamu berikan untuk perusahaan adalah pertanyaan yang harus kamu selesaikan.

Selain bekerja sama sebagai bagian dari perusahaan, soft skill juga dibutuhkan dalam bekerja sama secara tim. Sebuah perusahaan biasanya akan membagi karyawannya ke beberapa kelompok sesuai dengan bidang tertentu, dan jika dibutuhkan akan di pecah kembali menjadi tim-tim kecil untuk menunjang efektifitas sebuah pekerjaan. Soft skill dalam kemampuan bekerja sama ini akan banyak mempengaruhi tingkat kesuksesan kamu nantinya.

2. Mampu Memberikan Solusi

Dalam perjalanan karir kedepannya kamu akan menghadapi berbagai masalah, baik itu di tempat kamu bekerja atau masalah pada dirimu sendiri. Kemampuan untuk memecahkan masalah ini akan sangat bermanfaat sehingga perusahaan tempat kamu bekerja akan merasakan kontribusi yang jelas dan nilai dari soft skill yang kamu miliki.

Pun sama halnya dengan masalah pribadi. Dengan mampu memecahkannya sebaik dan secepat mungkin, kamu akan mendaparkan performa bekerja yang lebih baik dan kebih produktif.

3. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Kamu mampu menempatkan diri sebagai pembicara atau pendengar dan baik dengan keduanya. Terutama menjadi pendengar yang baik adalah sebuah kemampuan yang harus di miliki oleh karyawan baik. Dengan menjadi pendengar yang baik, diharapkan kamu bisa memahami dan mudah mengerti dengan segala arahan dan keinginan atasan. Bahkan, di level tertentu kamu bisa memahami apa yang diinginkan oleh atasan tanpa perlu membicarakannya.

Selain itu kamu bisa juga memaksimalkan soft skill dengan kemampuan berbicara dan menyampaikan sesuatu. Hal ini terutama dibutuhkan pada saat kamu diminta pendapat atau solusi yang kamu miliki.

4. Mampu Mengendalikan Rasa Nyaman

Terkadang kondisi yang terjadi di tempat kamu bekerja menjadi tidak menentu. Ada kalanya ketika kamu mendapatkan berbagai masalah atau situasi yang menyulitkan, nah disini kamu membutuhkan kemampuan untuk tetap mempertahankan kenyamanan. Rasa nyaman dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan dengan kondisi yang kondusif, baik untuk dirimu sendiri dan teman-teman sepekerjaan.

5. Kemampuan Beradaptasi

Peralihan dalam dunia kerja sering kali tidak terhindarkan. Terkadang ada saatnya kita menerima tanggung jawab di lingkungan baru, atau ketika kita menerima rekan kerja baru. Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru, termasuk orang-orang yang ada didalamnya akan membantu kamu dalam menghasilkan kinerja yang optimal dan maksimal.

Itulah setidaknya 5 soft skill yang harus ada untuk menjadi pekerja yang sukses. Masih banyak soft skill yang bisa kamu pelajari dan kamu latih, sehingga menjadikan keperibadianmu unggul di dunia penuh kompetisi ini.

Reply