Mahasiswa dan Pelajar, Inilah Cara Mudah Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010

Hai teman-teman.

Sudah beberapa hari kayaknya  nggak update konten, nggak nulis lagi. Sebenarnya ada beberapa tulisan yang ingin saya buat namun dalam beberapa hari ini agak sibuk. Plus, koneksi internetnya kurang bersahabat, hehe.

Ok, sesuai judul, hari ini saya  akan membuat tutorial cara membuat daftar isi dengan microsoft word. Lebih tepatnya microsoft word 2010.

Tutorial yang akan saya buat ini akan mengajarkan bagaimana membaut daftar isi secara otomatis. Banyak sekali orang yang membuat daftar isi secara manual, tulis dan edit satu-satu. Hal ini tentu sangat memakan waktu.

Topik ini banyak sekali dicari para peselancar di internet. Saya rasa yang membutuhkan tutorial ini adalah para mahasiswa dan pelajar. Tulisan ini agak khusus untuk kamu.

Setelah saya lihat, belum ada tutorial yang baik dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, saya putuskan untuk menulis tentang hal ini, dengan belajar terlebih dahulu pastinya, hehe.

Baik, nggak perlu berlama-lama, mari kita lihat step-step-nya.

1. Pastikan tulisan kamu sudah jadi

Maksudnya pastikan kamu sudah selesai mengetik tugas kamu dengan baik, tinggal buat daftar isi aja. Tulisan sudah terdiri dari beberapa bab. Setiap babnya terdiri dari beberapa sub bab. Umumnya tulisan karya ilmiah begitu. Tulisan juga sudah ada kata pengantar, daftar pustaka dan lainnya.

Selain itu, tulisan kamu saya asumsikan juga sudah ada nomor halamannya.

2. Atur heading setiap bab, sub bab mapun sub dari sub bab

Atur tulisan kata pengantar, tulisan judul Bab 1, Bab 2 dan seterusnya menjadi heading 1. Format heading satu teletak di bagian atas microsoft word. Kamu tinggal blok kata pengantar atau bab, lalu klik kotak heading 1.

Kemudian atur setiap sub bab menjadi heading 2.

Jika sub bab tersebut masih ada sub babnya, atur menjadi heading 3.

Heading tersebut berupa format default dari microsoft word. Kamu bisa membuat format heading kamu sendiri dengan font yang sesuai.

3. Membuat daftar isi

Ini hal yang paling penting dari langkah-langkah yang kita lakukan. Jadi baca pelan-pelan dan ikutin sesuai urutan.

a. masuk ke halaman daftar isi

b. klik references

c. klik tanda panah kecil di tombol “table of content”

d. klik automatic heading 1

Dan tara..

Daftar isi kamu sudah jadi dengan otomatis. Mudah kan?

Selamat mencoba ya. 🙂

Reply