Mencari Lowongan Pekerjaan Impian Lewat Internet

Tidak dipungkiri lagi, jika kini internet menjadi teknologi informasi paling diandalkan untuk hampir semua hal termasuk diantaranya dunia kerja. Internet menjadi jembatan informasi yang menghubungkan antara pencari kerja dan penyedia lowongan pekerjaan, dan biasanya ada beberapa situs perantara dari kedua titik tersebut.

Jangankan oleh perusahaan-perusahaan swasta, pemerintah pun sudah mulai membuka sistem penerimaan PNS melalui jaringan internet. Hal ini sekaligus menjadi jawaban, jika informasi terkait dunia kerja (termasuk berbagai lowongan pekerjaan) sudah tersedi di jaringan online tersebut.

Manfaatkan Situs Perantara Lowongan Pekerjaan

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan dunia kerja di dunia maya, berbagai pengembang website mulai melirik potensi ini dengan mengembangkan situs-situs pencari kerja. Mulai dari yang berafiliasi dengan situs luar, atau situs-situs lokal yang terus berkembang. Salah satu diantaranya adalah jobsdb, jobstreet, dan yang lainnya.

Kelebihan menggunakan situs perantara khusus ini, biasanya disediakan sebuah format database online. Dengan demikian Surat lamaran dan CV akan secara otomatis ter-submit kedalam sistem. Selain itu juga banyak tersedia tips dan trik bagaimana agar memperoleh pekerjaan yang diinginkan. kamu bisa juga mengisisurat lamaran dan Cv yang berbahasa Inggris sehingga memuka kesempatan bekerja lebih besar di perusahaan asing.

Selain situs khusus pencari kerja, situs lain yang bisa jadi perantara yang menghubungkan antara perusahaan dan pencari kerja adalah situs forum. Beberapa situs forum diskusi, seperti kaskus misalnya menyediakan forum lowongan kerja. Kelebihan dari situs forum adalah kamu bisa berbagi dan berdiskusi dengan user lain tentang perusahaan dan apapun terkait dunia kerja.

Satu lagi media situs yang bisa kamu manfaatkan adalah situs resmi milik perusahaan yang kamu tuju. Sebagai bentuk profesionalitas, biasanya berbagai perusahaan yang mengandalkan jaringan online dengan situs resminya, menyediakan kanal karir di situs resminya tersebut. Kanal karir ini berisi lowongan pekerjaan terkini yang tengah dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan memanfaatkan berbagai kelebihan ini, kamu bisa melamar pekerjaan dengan lebih efisien.

Kuasai Media Komunikasi

Dengan mengandalkan jaringan online, maka kita harus paham dengan penggunaan berbagai fasilitas media komunikasi disana. Salah satu yang paling penting adalah penggunaan email.

Tips jika kamu benar-benar berminat mencari pekerjaan dengan jaringan internet adalah buat akun email resmi atas nama kamu sendiri. Misalnya akun email yang saya miliki yaitu, [email protected] Nah, jangan sampai akun email yang kamu gunakan terdengar alay ya, seperti [email protected] (duh)

Setelah akun resmi siap, pelajari juga cara berkomunikasi resmi dengan email. Sederhananya, kamu bisa pelajari cara mengirimkan surat lamaran kerja melalui email, melampirkan berkas dan lain sebagainya. Selain itu, pelajari juga cara mengirim email resmi, tentunya agar kamu terbiasa dan terkesan profesional.

Satu lagi hal yang cukup penting dari dunia online adalah media sosial. Terkadang perusahaan yang menerima lamaran kerja bisa mengakses akun media sosial milik kita. Entah itu memang kita cantumkan dalam CV atau akun medsos yang menggunakan email yang sama dengan email yang dipergunakan untuk mengirimkan surat lamaran, yang pasti kamu mesti berhati-hati dengan hal ini.

Berbagai aktifitas yang kita lakukan di media sosial, seperti update status, komentar atau bahkan link situs yang terdapat disana, bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang kita lamar. Lagi-lagi jangan sampai, ketika surat lamaran bagus dan baik, ternyata di medsos kita adalah manusia alay. hehe

Hati-hati Penipuan

Semakin berkembangnya informasi dunia kerja di jaringan online mengakibatkan maraknya penipuan mengatas namakan perusahaan abal-abal. Bahkan, penulis sendiri pernah terjerat dengan cara penipuan ini. Berangkat dari pengalaman tersebut, saya coba sampaikan berbagai tips untuk menghindari penipuan lowongan kerja online.

  1. Pastikan nama dan alamat valid

Keuntungan lain dari berkembangnya informasi dunia kerja, berkembang juga informasi pencegahan penipuan. Biasanya kamu tinggal googling saja nama dan alamat perusahaan yang dirasa mencurigakan, maka akan muncul berbagai informasi terkait perusahaan tersebut. Jika tidak, coba akhiri kata pencarian dengan kata penipu, contoh PT anu penipu, nah biasanya akan muncul sederet informasi terkait dengan track record perusahaan tersebut.

  1. Cara berkomunikasi

Hal lain yang patut di curigai adalah biasanya penipu ini akan berkomunikasi dengan sms. Mungkin sepintas terdengar biasa saja, akan tetapi cara berkomunikasi melalui sms bagi perusahaan besar adalah sangat tidak wajar.

Selain itu, bisa juga melalui telepon, atau media lain seperti email. Namun kamu mesti curiga jika isinya berisi informasi lokasi interview, lengkap dengan rute, nomor angkot/bus, turun dimana dan patokanya apa.

  1. Memungut biaya

Ini adalah modus penipuan yang paling jelas. Katakanlah kamu tertarik dengan lowongan pekerjaan, hingga sampai pada tahap wawancara. Nah jika di sesi wawancara tersebut ada penarikan biaya, segera saja tinggalkan tempat itu. Pemungutan biaya ketika wawancara sangat tidak lazim, dan biasanya itu adalah penipuan.

Internet menawarkan banyak hal kemudahan dalam mengakses informasi. Dengan penggunaan yang tepat dan bijaksana, kamu bisa memanfaatkannya untuk perkembangan karir dan masa depan. Selamat berpetualang. 🙂

Reply