Inilah Indikator Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Sehat

Dunia kerja terkadang menghadirkan berbagai hal lain selain dari pekerjaan dan gaji yang mendukung produktifitas. Disinilah kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal yang membuat lingkungan kerja nyaman serta memberikan inspirasi dan motivasi dalam bekerja. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan atau mengundurkan diri dari suatu perusahaan.

Tidak dipungkiri lagi jika kondisi lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif menjadi incaran terpenting bagi semua karyawan. Bahkan bagi sebagian karyawan tidak memperdulikan nominal gaji. Nah Berikut beberapa hal yang mengindikasikan jika tempat kamu bekerja sudah nyaman, sehat dan kondusif.

1. Persahabatan

Ada rasa persahabatan terjalin diantara karyawan, atau bahkan dengan atasan. Hal ini menjadikan suasana menjadi cair, hangat dan menyenangkan. Kehadiran rekan kerja seperti ini bisa membuatmu lepas dari situasi kerja yang penat dan tentu saja akan memberikan efek hasil pekerjaan yag lebih baik.

Selain itu dengan adanya kondisi seperti ini, maka lingkungan kerja di pastikan jauh dari persaingan tidak sehat yang cenderung merusak. Akan tetapi hal tersebut juga mesti di batasi, tetaplah menjunjung tinggi profesionalisme dan tanggung jawab dengan masing-masing tugas yang diberikan.

Terutama dalam berorganisasi, biasanya terjadi kondisi persahabatan yang lebih erat dan emosional. Karena itu untuk mengundurkan diri dari organisasi harus di pertimbangkan lebih dalam lagi. Kamu bisa membaca contoh surat pengunduran diri dari organisasi.

2. Berbagi Ide

Terutama dengan atasan yang terbuka dan siap membuka komunikasi dengan berbagai masukan dan saran yang datang dari karyawannya. Kondisi seperti itu akan menghadirkan suasana lingkungan kerja yang penuh dengan saling kepercayaan. Dan hasilnya diharapkan akan membuat produktifitas berkembang menjadi lebih baik.

Tips untuk menciptakan situasi ini adalah dengan memperbaik cara berkomunikasi dan menampilkan akhlak semenarik mungkin. Dengan kesan wibawa dan akhlak yang baik maka kamu akan mengundang simpati dan cenderung setiap perkataan dan masukan kamu pun akhirnya didengar. Berikan solusi setiap kali diminta dan wujudkan konstribusi nyata bagi tempat kamu bekerja.

Seringkali kondisi seperti ini terusik karena keputusan kita untuk mengundurkan diri. Kamu bisa membaca artikel cara menjaga hubungan baik dengan mantan atasan agar hal tersebut bisa di hindari.

3. Lingkungan yang Bersih

Bekerja di lingkungan yang bersih akan menghasilkan produktifitas yang lebih baik dan berkualitas. Jika kantormu memiliki petugas kebersihan khusus seperti office boy misalnya maka tanggung jawab kamu seharusnya lebih mudah lagi. Kamu tinggal merapikan dan membuat terlihat nyaman dan indah tempat atau fasilitas yang kamu gunakan untuk bekerja seperti meja kantor misalnya.

Lingkungan yang bersih sepenuhnya menjadi tanggung jawab kamu pribadi. Jangan menyalahkan orang lain jika dengan lingkungan yang berantakan akhirnya kamu menjadi malas bekerja dan tidak fokus. Sesekali kamu juga bisa mengingatkan rekan kerjamu jika mereka tidak menghormati lingkungan tempat kamu berada, misalnya dengan membuang sampah sembarangan.

4. Kenyamanan

Rasa nyaman yang paling penting adalah adanya jaminan terkait masa depan. Jaminan seperti masa tua, jenjang karir, peraturan yang jelas dan lain sebagainya. Adanya berbagai jaminan tersebut bisa membuat kamu bekerja lebih nyaman dan tenang.

Hal-hal seperti ini biasanya kamu temukan di perusahaan besar yang sudah matang. Penilaian indikator perusahaan sehat itu dilakukan oleh badan akreditasi resmi atau dari penilaian karyawan lainnya. Karena itu pula perusahaan seperti ini selalu diincar oleh banyak pelamar dengan persaingan yang tinggi.

5. Menghormati Hak Ibadah

Saya rasa bagi setiap orang yang beragama dan memiliki keyakinan pasti menginginkan tempat bekerja yang tidak menganggu aktifitas ibadahnya. Khususnya bagi kamu yang seorang muslim, kamu bisa pertimbangkan tentang dukungan terhadap fasilitas ibadah.

Bagi seorang muslim, dalam satu hari kita membutuhkan 5 waktu yang tidak bisa di ganggu gugat untuk melaksanakan shalat. Ketersediaan tempat shalat yang kondusif seperti mesjid atau musholla dan peraturan tentang waktu yang tersedia. Jika memungkinkan pahami apakah ada waktu-waktu luang lain untuk bisa melakukan amalan sunnah seperti shalat dhuha atau rentang waktu yang diberikan sehingga shalat wajib pun tidak memakan waktu lebih lama.

Dengan menjamin hubungan kita dengan Allah, maka bisa dipastikan selain juga sehat, tempat kamu bekerja adalah tempat yang diberkahi. Dengan demikian segala aktifitas pekerjaan yang ada bisa menjadi nilai ibadah disisiNya.

Itulah 5 hal setidaknya yang bisa menjadikan perusahaan tempat kamu bekerja dikatakan sehat dan kondusif. Ada beberapa hal lain sebenarnya, akan tetapi hal-hal tersebut hanya tambahan dan sifatnya mendukung dari berbagai hal yang telah disebutkan sebelumnya, atau menjadi indikator bagi tempat kerja yang lebih spesifik saja.

Seperti fasilitas komputer yang memadai, ketersediaan peralatan canggih atau bahkan tempat refreshing dan permainan seperti kantor kaskus misalnya. Hanya saja kehadiran berbagai hal itu pun tidak serta merta mendukung lingkungan kerja yang sehat dan kondusif jika faktor utama yang telah disebutkan diatas tidak terpenuhi.

Reply