5 Kesalahan Fresh Graduate yang Sering Terjadi

Dunia kerja adalah dunia baru, terutama bagi lulusan baru baik dari perguruan tinggi atau jenjang sekolah. Terkadang diantara mereka banyak yang tidak siap, dan ada pula yang melakukan kesalahan dalam menghadapi dunia kerja. Kesalahan fresh graduate ini sejatinya adalah pembelajaran agar memperoleh hikmah agar lebih baik.

Beberapa kesalahan fresh graduate ini diantaranya mungkin bisa dimaklumi sebagai bagian dari proses adaptasi, sementara sebagian yang lain bisa mempengaruhi karir. Indikasi paling jelas terlihat adalah saat seseorang kesulitan memperoleh pekerjaan.Nah apa yang salah sebenarnya? Berikut beberapa kesalahan lulusan baru yang mempengaruhi perkembangan permulaan karir mereka.

1. Tidak Mempersiapkan Rencana Karir

Ini yang paling sering terjadi pada lulusan baru, yaitu tidak pernah terpikr tentang rencana karir selanjutnya. Mungkin banyak hal yang mempengaruhi tidak adanya rencana tersebut, salah satu contohnya adalah adanya rencana melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, atau membuka wirausaha mandiri. Akan tetapi satu hal yang sering dilalaikan, yaitu realita dimana hidup harus siap dengan berbagai kemungkinan.

Dengan mempersiapkan rencana atas segala kemungkinan yang terjadi, kamu bisa meminimalisir setiap kegagalan. Contoh, dengan mempersiapkan kemungkinan gagal melanjutkan pendidikan, kamu memiliki rencana B untuk bekerja. Yang terpenting disini adalah kesiapan mental dalam menerima setiap kenyataan, dan segera move on untuk meraih kesuksesan di bidang lain yang tersedia.

2. Tidak Melatih Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Ada salah satu tips yang bisa kamu lakukan untuk segera memperoleh pekerjaan, yaitu perbanyaklah silaturahmi. Tips ini sebenarnya adalah kunci sukses untuk apapun, dalam hadits sendiri disebutkan jika silaturahmi adalah kunci rezeki. Sementara motivator wirausaha sering mengatakan jika silaturahmi akan menambah jaringan relasi, sehingga menambah peluang kesuksesan.

Nah kamu bisa memanfaatkan silaturahmi sebagai media untuk memperoleh sebanyak mungkin informasi yang bermanfaat di dunia kerja yang akan kamu hadapi. Dengan demikian, kamu bisa menarik banyak manfaat dari setiap obrolan atau bahkan mendapatkan rekomendasi untuk bekerja di perusahaan tempat mereka bekerja.

Permasalahan yang sering terjadi bagi lulusan baru dalam membuka akses silaturahmi adalah kurangnya rasa percaya diri untuk membuka diri dan bergaul dengan orang lain. Seringkali hal ini terjadi akibat menganggap diri sendiri masih kecil atau tidak siap bergabung dengan komunitas orang dewasa. Karena itu kepercayaan diri juga akan sangat mempengaruhi dalam menjalin silaturahmi menjadi lebih luas.

3. Memiliki Angan-angan yang Terlalu Tinggi

Berharap yang terbaik memang tidak dilarang, akan tetapi ketika harapan tersebut tidak sesuai degan realita bisa jadi itu yang menghambat kesuksesan karir yang kamu hadapi. Sebagian besar lulusan baru menganggap jika dunia kerja adalah dunia memperoleh kemapanan dan kelas strata sosial dengan instan. Akhirnya banyak yang terjebak dan terhambat karirnya karena tidak menemukan pekerjaan yang sesuai yang diharapkannya.

Padahal realitanya adalah setiap pekerjaan yang menjamin kemapanan atau strata sosial yang lebih tinggi diawali dari karir terendah. Dibutuhkan kerja keras dan keikhlasan untuk bekerja di tingkat apapun untuk memperoleh kesempatan bekerja lebih tinggi. Yang pasti, untuk memperoleh pekerjaan yang kita inginkan, kuncinya adalah segera melangkah dan manfaatkan apapun peluang pekerjaan yang tersedia. Insya Allah, jika sudah waktunya pekerjaan yang di idam-idamkan akan kamu dapatkan.

4.Kurang Memaksimalkan Fasilitas yang Ada

Di era masa kini, penyebaran informasi sudah sangat canggih. Dengan internet salah satunya, kita bisa memperoleh berbagain informasi yang bermanfaat terutama terkait dunia kerja. Dengan memanfaatkan internet sebaik mungkin kamu bisa memperoleh peluang kerja lebih besar.

Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati dengan internet ini. Keliru dalam menggunakan internet juga akan membuat peluang kamu di dunia kerja menjadi kecil atau bahkan buruk. Salah satunya adalah aktifitas media sosial yang tidak terkontrol. Bagi lulusan baru, sebaiknya mulai dari sekarang segera memperhatikan aktifitasnya di media sosial, karena terkadang ada beberapa perusahaan yang akan menilai kepribadian dilihat dari aktifitasnya di media sosial.

Tips : agar memperoleh peluang kerja yang lebih besar kamu bisa juga membuat akun email khusus untuk melamar pekerjaan, selebihnya kamu bisa membaca tips melamar pekerjaan dengan email.

5. CV yang Kurang Menarik

Terakhir yang sering kali berpengaruh dengan peluang kita bekerja adalah disebabkan CV yang kurang menarik. Terutama hal ini disebabkan karena lulusan baru seringkali mengandalkan pengetahuan tentang menyusun CV sebatas dari pendidikan formal, yang umumnya kaku dan monoton.

Kuncinya adalah dengan mencari informasi sedalam mungkin tentang CV yang baik dan menarik. Apa yang kamu peroleh di bangku sekolah atau kampus, itu hanya konsep dasarnya saja. Kamu bisa membuat inovasi yang lebih baik agar mampu menampilkan keunggulan yang kamu miliki. Selebihnya kamu bisa membacanya di tips membuat CV yang menarik bagi HRD.

Itulah setidaknya 5 hal yang harus di perhatikan oleh lulusan baru agar memperoleh kesempatan bekerja lebih besar dan bisa meraiih karir sebaik mungkin. Selanjutnya kamu bisa membaca tips agar mendapat pekerjaan lebih cepat.

Reply