Melamar Kerja dengan Efisien ke Banyak Perusahaan, Begini Caranya

Sering kali kita kebingungan ketika mendapat atau mencari informasi tentang lowongan pekerjaan. Banyaknya lowongan pekerjaan, dan banyaknya surat lamaran yang akan dikirimkan tentunya akan menguras tenaga dan biaya jika dilakukan secara manual. Disini kita akan membahas cara melamar kerja dengan efisien, sehingga tidak memakan banyak waktu, tenaga dan biaya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan, agar kamu bisa melamar kerja dengan efisien ke banyak perusahaan sekaligus.

Ikuti Informasi Terkini

Internet kini menghadirkan beragam infromasi dan pengetahuan, diantaranya adalah lowongan pekerjaan. Dengan memanfaatkan internet saja kamu bisa mendapat informasi lebih luas, akan tetapi, tidak hanya sampai disitu, perluas sumber informasi dari berbagai tempat, boleh jadi dari kampus tempat kamu kuliah, atau papan informasi publik yang tertera di kantor pemerintahan daerah setempat.

Selain itu, kamu pun bisa membuka akses informasi melalui jaringan kenalan secara offline. Sebenarnya ini lebih efektif, sebab jika kamu memiliki banyak kenalan dan teman, mungkin suatu saat kamu akan direkomendasikan untuk bekerja di tempat mereka bekerja sekarang, atau merekomendasikan kamu agar bekerja di pemilik perusahaan kerabat mereka. Terkait hal ini kamu bisa baca cara cepat mendapat pekerjaan bagi fresh graduate.

Job fair

Seiring dengan perkembangan jaman, dan kebutuhan lapangan pekerjaan yang semakin meningkat, banyak instansi atau organisasi yang menyelenggarakan joba fair secara berkala. Momen ini bisa kamu manfaatkan dengan baik, untuk mengirimkan aplikasi lamaran kerja ke perusahaan yang diminati.

Job fair memang menyediakan banyak pilihan, di segala bidang lapangan kerja, karena itu dibutuhkan sedikit strategi untuk melamar pekerjaan di job fair ini. Mulai dari aplikasi lamaran yang berjumlah banyak, hingga perhitungan persaingan untuk lowongan pekerjaan tertentu. Yang pasti, kamu harus memanfaatkan sebaik mungkin momen tersebut untuk mengirimkan aplikasi lamaran se efisien mungkin.

Situs Pencari Kerja

Pun sama halnya di dunia internet, kebutuhan akan informasi lowongan kerja dimanfaatkan oleh berbagai pengembang situs untuk mendesain portal informasi lowongan kerja. Diantaranya seperti Jobsdb, dan Jobstreet. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, kamu bisa melamar kerja dengan efisien dan dengan konsep yang baru.

Sederhananya, hampir semua situs pencari kerja memiliki konsep kerja yang sama. Kita akan melakukan registrasi seperti biasa melalui email, setelah itu, ada form CV yang mesti kita isi, dan format surat lamaran. Setelah itu, kita akan di minta untuk mengupload berbagai dokumentasi yang dibutuhkan seperti foto, dan identitas. Setelah itu selesai, maka secara otomatis informasi lowongan kerja akan berdatangan sesuai dengan kualifikasi yang kita cantumkan, dan jika kita tertarik dan menyetujui untuk mengirimkan aplikasi, maka aplikasi yang tadi kita telah buat sebelumnya, akan terkirim secara otomatis dan secara online.

Aktif di Forum Diskusi Online

Khususnya di kaskus, ada forum lowongan kerja, disana terdapat banyak informasi lowongan kerja mulai dari PNS, Swasta, hingga freelance. Menariknya, kelebihan yang akan kita temukan di forum diskusi semacam ini adalah, banyak terjadi interaksi antar akun, baik itu pencari kerja ataupun penyedia lowongan kerja. Sehingga, informasi dijamin lebih akurat, dan lebih jelas. Berbagai pertanyaan seksecil apapun bisa di tanyakan disana.

Belum lagi di forum diskusi online, ada kolom komentar, berdasarkan testimoni-testimoni yang ada, setiap akun bisa saling mengingatkan jika lowongan kerja ada berbau penipuan.

Media Sosial

LinkedIn adalah media sosial yang khusus ditujukan untuk pencari dan penyedia lowongan kerja. Cara kerjanya hampir sama dengan situs penyedia lowongan kerja diatas, akan tetapi penampilannya lebih ke media sosial. Artinya, kamu bisa mengotak-atik CV berdasarkan apa yang telah kamu lakukan secara update, membuat status untuk menyatakan ketertarikan atau minat, dan lain sebagainya.

Banyak para pekerja terutama freelance, seperti saya, yang menggunakan fasilitas media sosial ini. Dan ada cukup banyak juga perusahaan-perusahaan yang mengandalkan media sosial ini untuk merkekrut calon karyawan baru, artinya kesempatan kamu disini semakin terbuka lebar.

Situs Resmi Perusahaan

Sebagai bentuk profesionalitas dari perusahaan, biasanya berbagai perusahaan besar menyediakan link karir untuk kebutuhan informasi lowongan pekerjaan. Disini perusahaan akan mencantumkan bidang, kualifikasi akademik, dan kemampuan, serta informasi lain terkait lowongan pekerjaan, yang akan di update secara berkala.

Kamu bisa memantau perkembangan informasi lowongan kerja di perusahaan yang kamu inginkan, dengan sering mengunjungi link karir website perusahaan tersebut.

Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Langkah terakhir, setelah berbagai informasi lowongan kerja kamu dapatkan, perhatikan apakah tersedia pengiriman surat lamaran kerja melalui email. Jelas ini adalah keuntungan, sebab email tidak membutuhkan banyak biaya, tenaga dan waktu, bahkan dengan sebuah desain template surat lamaran kerja, kamu bisa mengirimkannya ke banyak perusahaan secara sekaligus.

Namun perlu diingat, kamu pun harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang mengirim email yang resmi dan menarik untuk aplikasi surat lamaran kerja.

 

Reply