Inilah Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Organisasi

Organisasi adalah sekeolompok orang yang memiliki sistem dan memiliki visi yang sama untuk memperoleh tujuan tertentu. Sama halnya dengan perusahaan, sebuah organisasi idealnya memiliki tata cara dan aturan untuk mengatur sistem keanggotaannya. Diantaranya adalah mengatur tentang pengunduran diri pada organisasi yang dimaksud.

Secara aturan surat pengunduran diri untuk organisasi memiliki aturan yang sama dengan surat pengunduran diri untuk karyawan. Yang membedakan disini adalah isi surat dan konteks penyampaiannya. Karena organisasi bergerak lebih ke sukarelawan dan profesional, oleh karena itu penyampaian maksud isi suratnya pun mesti disesuaikan.

Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Organisasi OSIS

Jakarta, 13 Desember 2013

Kepada

Yth. Ketua Osis dan Pembina Osis SMA TUGU SATU
di Tempat

 

 

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama : Clara Abigail Jayasa
Kelas : XI IPS 2
Jabatan : Bendahara II

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi resmi ( OSIS ) SMA Tugu Satu. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah :

1. Orang tua tidak menyetujui
2. Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar
3. Minat saya untuk berada di organisasi OSIS sudah tidak ada

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi OSIS sebagai bendahara II saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta mengasah kemampuan saya dalam hal berorganisasi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMA Tugu Satu dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi OSIS.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Mengetahui:
Orang Tua Murid Yang Mengajukan
(Sutomo Sugiharto) (Clara Abigail Jayasa)
Menyetujui:
Pembina Osis Ketua Osis 2013
(Agung Eko S.) (Saka Arisena)

 

Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Organisasi BEM

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

SEBAGAI ANGGOTA BEM
DI UNIVERSITAS UTAMA BANGUN BANGSA

 

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Kristian Sulaiman
Jabatan di BEM : Seksi Dokumentasi
Fakultas : Ekonomi – Manajemen
NIM : 178654009
Alamat : Jl. Bungur Domang 7 Rt 02/07 No. 34, 11765. Jakarta
Telp : 087756743566

 

Mengajukan surat pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bangun Bangsa. Selama ada di dalam kepengurusan BEM saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini.

Mohon maaf apabila dalam organisasi saya pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati. Surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Saya berharap pembina dan pengurus BEM Universitas Bangun Bangsa dapat memahami keputusan yang sudah saya buat.

Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

 

 

17 Desember 2015

Yang menyatakan,

 

(Kristian Sulaiman)
Materai 6.000

 

Dari dua contoh diatas yang diambil dari contohsurat.org, bisa kita lihat bahwa surat pengunduran diri pada organisasi memiliki redaksi yang hampir sama dengan surat pengunduran diri untuk karyawan. Secara format dan konsep memiliki kesamaan, akan tetapi surat pengunduran diri untuk organisasi memiliki beban tanggung jawab lebih ke anggota organisasi dibandingkan kepada atasan atau ketua. Hal ini dikarenakan organisasi tersebut sebagai sebuah tim yang bekerja, sehingga kehilangan salah satu anggota tim akan memberikan efek pada anggota tim yang lain.

Dalam penyusunan surat pengunduran diri yang baik pada organisasi, sebaiknya mengandung beberapa hal berikut ini,

1. Ucapan Terima kasih dan Rasa Bangga dengan Perjuangan dan Pengalaman Selama Berorganisasi.

Hal ini untuk menunjukan jika kita menghormati organisasi dan segala kegiatan yang pernah dilakukan bersama. Dengan penyampaian hal ini, setidaknya kita akan tetap mendpat respek dan simpati meskipun bukan lagi bagian dari anggota organisasi.

2. Permintaan Maaf kepada Anggota yang Lain.

Bagaimana pun juga kehilangan salah satu anggota tim, akan mempengaruhi kinerja tim yang lainnya. Meminta maaf sebagai bentuk bahwa kita benar-benar memahami jika keputusan memundurkan diri adalah keputusan yang akan berefek pada tubuh organisasi.

3.  Sertakan Alasan yang Logis

Apapun alasannya, sebaiknya sertakan dengan penyampaian yang baik dan apa adanya. Meski organisasi tersebut bersifat sukarela, akan tetapi penyampaian alasan yang tepat dan rasional akan memberikan sebuah kesan jika kita menganggap serius berbgai aktifitas organisasi tersebut.

Kamu bisa membaca artikel pertimbangan mengundurkan diri dari pekerjaan atau organisasi sebagai bahan untuk mengambil keputusan.

Demikianlah sekilas tentang surat pengunduran diri pada organisasi. Semoga informasi sederhana ini akan membantu kamu dalam mengambil keputusan serta dalam menyampaikan pernyataan pengunduran diri pada organisasi yang benar.

Reply