7 Hal ini Bisa Membuat Kamu Cepat Memperoleh Pekerjaan

Cepat memperoleh pekerjaan setelah wisuda adalah suatu hal yang sangat di inginkan oleh para sarjana baru. Akan tetapi, terkadang karena kurangnya persiapan dan perencanaan akhirnya pekerjaan pun tidak seketika didapatkan.

Untuk memperoleh pekerjaan secepat mungkin kamu harus mempersiapkan strategi terbaik, karena bagaimanapun juga dunia kerja adalah dunia kompetisi. Terlebih di masa selesai jenjangnya pendidikan, dimana ribuan bahkan jutaan lulusan baru siap bersaing untuk memperoleh pekerjaan yang di inginkan.

Selain dengan mencoba melamar kerja ke banyak tempat secara sekaligus, diperlukan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rencana berjalan efektif. Berikut beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar memperoleh pekerjaan secepat dan seefektif mungkin selepas wisuda. Dan kamu bisa juga baca cara melamar kerja ke banyak tempat dengan efisien.

1. Persiapkan Jenjang Karir

Bila perlu jauh sebelum kamu melaksanakan wisuda, kamu sudah mencari berbagai informasi terkait dunia kerja yang kamu inginkan. Dengan mengetahui berbagai macam informasi yang penting terkait dunia kerja yang kamu inginkan, setidaknya kamu selangkah lebih meju dari pesaing-pesaingmu kelak.

Persiapan juga mencakup berbagai kompetensi yang dibutuhkan, seperti kemampuan bahasa, penggunaan komputer dan teknologi, serta lain sebagainya. Khususnya jika kamu mengejar pekerjaan yang lebih spesifik mungkin kamu bisa mencari informasi terkait perusahaan yang kamu inginkan, dan menjalin relasi dengan orang-orang penting disana.

2. Mengenali Hobi dan Terus Berkarya

Dengan menekuni hobi kamu bisa mengenali dunia kerja yang kamu inginkan. Kamu bisa mendalami pengetahuan tentang hobi sehingga memiliki keahlian yang lebih banyak di bidang tersebut. Terlebih ketika kamu memiliki waktu luang disela-sela kuliah.

Dengan menekuni hobi sampai kamu ahli di bidang tersebut, secara tidak langsung kamu telah membuka peluang berkarir lebih lebar. Selain pengetahuan dan kemampuan yang kami miliki semakin terasah, kamu juga akan merasakan kesenangan dan tidak terbebani ketika hobi tersebut telah menjadi pekerjaan.

3. Belajar Cara Berkomunikasi dengan Baik

Salah satu hal yang cukup berpengaruh di dalam dunia kerja adalah cara berkomunikasi. Seseorang yang terampil dalam berkomunikasi akan terlihat lebih profesional dan lebih dewasa. Hal ini akan menjadi kelebihan ketika mengikuti proses perkerutan karyawan.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih cara berkomunikasi, salah satunya adalah dengan mengikuti organisasi. Di organisasi kita akan dituntut untuk menjalin hubungan dengan banyak relasi dan dalam berbagai acara. Berbagai kegiatan yang ada di organisasi tersebut akan melatih cara berkomunikasi yang baik dan mumpuni.

4. Konsultasi

Kamu bisa melakukan konsultasi untuk menentukan bidang karir yang akan diminati. Baik itu konsultasi di bidang akademis, dengan lembaga konseling di kampus misalnya, atau dengan meminta pendapat dari orang lain terutama orang tua. Dengan konsultasi kamu bisa memperoleh berbagai hal yang kamu perlukan dalam memperoleh pekerjaan yang kamu inginkan.

Konsultasi khususnya di lembaga konseling, terkadang bisa berupa tanya jawab, atau bisa berbentuk pengisian uji tes bakat. Semua hal itu untuk mengetahui sejauh mana bakat atau minat terpendam yang mungkin tidak kamu ketahui. Selain itu, dengan konsultasi juga biasanya kamu mendapat informasi khusus terkait lowongan pekerjaan yang kamu inginkan.

5. Perbanyak Pengalaman Kerja

Meski ditengah padatnya kegiatan kuliah, sebenarnya kamu bisa meluangkan waktu sambil bekerja. Apa lagi banyak juga kampus yang memberikan pilihan kuliah khusus karyawan atau kelas malam, yang bisa kamu manfaatkan untuk membagi waktu sambil bekerja.

Dengan memiliki banyak pengalaman, kamu bisa menyusun CV yang lebih menarik dan kompetitif tentunya. Kamu bisa membaca cara membuat CV menarik di mata HRD.

Selain itu, jika tidak memungkinkan kamu bisa juga memanfaatkan waktu luang dari kuliah reguler dengan mengerjakan pekerjaan part time, atau freelance. Contohnya, bagi kamu yang kuliah di jurusan pendidikan, kamu bisa mengisi waktu luang dengan memberikan les privat.

Hal lain yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan waktu luang atau bahkan sengaja ambil cuti kuliah dengan mengikuti magang di perusahaan besar. Pengalaman magang terutama di perusahaan besar akan menjadi salah satu kelebihan yang akan di pertimbangkan saat melamar kerja nantinya.

6. Membangun Relasi Sebanyak Mungkin

Perluas kenalan kamu tidak hanya sebatas teman kuliah saja. Kamu bisa menjalin relasi dengan orang yang telah bekerja untuk berbagi pengetahuan, dengan pengusaha, atau dengan profesional. Dengan banyaknya relasi yang kamu miliki, kamu memiliki kesempatan bekerja lebih cepat atau setidaknya memperoleh informasi lebih banyak.

Jika di butuhkan kamu bisa saja meminta referensi pekerjaan. Dengan memiliki referensi pekerjaan peluang kamu di terima bekerja menjadi lebih besar. Namun ingat, pastikan kamu memiliki hubungan yang dekat dulu untuk meminta referensi pekerjaan, jangan baru kenal sudah meminta referensi pekerjaan. Hehe.

7. Luangkan Waktu untuk Dirimu Sendiri

Terakhir, sebaiknya jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Ada baiknya kamu meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan pikiran selepas wisuda. Pertimbangkan dengan baik segala kemungkinan dan kesempatan yang ada. Bila perlu mungkin kamu bisa melakukan liburan dengan melakukan traveling. Hal ini agar kamu lebih matang dalam memahami transisi yang akan kamu hadapi.

Selain itu, dengan menenangkan diri sejenak kamu bisa menghindari terjadinya kesalahan. Tentunya, hal tersebut akan menjadikan peluang kerja kamu menjadi sedikit terhambat. Kamu bisa membaca artikel kesalahan-kesalahan yang umumnya dilakukan oleh lulusan baru

Itulah 7 hal yang bisa segera kamu lakukan sebelum dan selepas wisuda agar cepat memperoleh pekerjaan.

Reply